Kamis, 09 Desember 2010

Ajaklah anak anda persekutuan doa

"Tetapi Yesus berkata: 'Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.'" (Matius 19:14)
Ajaklah anak Anda dalam berbagai persekutuan doa dan ibadah gereja Anda. Jangan menyuruh mereka pergi ke ruangan lain untuk bermain-main atau mencari hiburan. Jangan keluarkan mereka dari hadirat Allah. Itulah yang dilakukan murid-murid Yesus kepada anak-anak pada suatu hari dan Yesus menasihati mereka dengan keras. "Biarkanlah anak-anak itu," kata Yesus. "Janganlah menghalang-halangi mereka. Berikan mereka kesempatan untuk berada dalam hadirat-Ku dan untuk merasakan siapa Aku."
Anak-anak belajar ketika mengamati orang lain, lalu meniru mereka. Biarkan Anak Anda belajar bagaimana cara berdoa dengan melihat Anda berdoa. Berikan anak Anda kesempatan untuk merasakan dan mencoba berdoa.
Anak Anda mungkin tidak memunyai keberanian yang tinggi kepada Tuhan. Anak Anda mungkin tidak ingin mengatakan apa-apa. Akan tetapi, tetap izinkanlah dia bebas mengambil bagian dalam persekutuan doa Anda dan berdoa sejauh yang ingin dia doakan.
Anak-anak sering merasa nyaman berada dalam ruangan doa. Kenyataannya, mereka dapat merasa sangat santai sehingga mereka ketiduran. Biarkan saja! Anak cucu kami telah berada dalam 3 jam persekutuan doa keluarga di sepanjang hidupnya. Mereka sepenuhnya nyaman duduk sebentar, memanjat pangkuan yang satu dan yang lain, berbaring di lantai, terkadang berdoa, terkadang mengamati, dan terkadang tiduran. Berikan anak Anda kebebasan untuk bergerak selama persekutuan doa, bertukar posisi, berdiri sejenak, dan duduk sementara. Biarkan dia merasa santai dalam kehadiran Allah dan merasa nyaman, tetapi tetap hormat dalam ruang takhta-Nya.
Ceritakan kepada anak Anda sebelum doa dimulai apa yang Anda harapkan darinya selama persekutuan. Biarkan mereka mengerti batasan-batasan sikapnya yang Anda tetapkan selama persekutuan doa.
Alkitab tidak menetapkan posisi tertentu untuk berdoa. Beberapa orang dalam Alkitab berdoa sambil berdiri, yang lain menundukkan wajah mereka di hadapan Allah. Beberapa orang berlutut, beberapa berdoa sambil berjalan, beberapa mengangkat tangan. Berikan anak Anda kebebasan posisi seperti yang dinikmati orang-orang dalam Alkitab. Biarkan anak Anda berdiri atau duduk atau bergerak saat dia berdoa.
Anda dapat menolong melatih anak Anda untuk mengambil bagian dalam kelompok pertemuan doa. Berikan anak Anda kebebasan untuk menambahkan "amin" pada setiap doa orang lain yang dia setujui. Atau minta dia untuk berdoa mengucapkan satu kata ucapan syukur saja selama pertemuan doa keluarga, seperti kata ucapan syukur "keamanan" atau "teman-teman". Kemudian, bergeser ke satu kalimat dari setiap anggota dalam keluarga Anda atau pertemuan doa kelompok kecil.
"Terima kasih saya bisa bermain dengan Jenny hari ini." "Terima kasih ada sate ayam untuk makan malam."
Biarlah anak-anak itu datang. Yesus membiarkan mereka datang. (t/Uly)
Diterjemahkan dari:

Published in e-BinaAnak, 25 August 2010, Volume 2010, No. 497


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
anto1669
welcome and congratulations to explore my blog and get experience, you need ... God bless you
Lihat profil lengkapku