Senin, 27 Desember 2010

Bola Indonesia

Suporter Malaysia Pakai Laser Gun?
"Dalam operasi mata, kalau difokuskan terus, laser digunakan untuk mengiris."
Senin, 27 Desember 2010, 09:36 WIB
Ismoko Widjaya
VIVAnews - Sinar laser yang disorotkan suporter Malaysia diduga bukan berasal dari sinar laser pointer yang biasa digunakan untuk presentasi. Tetapi, sinar laser jenis Laser Gun yang biasa digunakan untuk acara-acara pertunjukkan panggung hiburan.

"Kalau laser pointer pasti warnanya merah. Ini warnanya hijau dan bentuknya seperti senjata atau bor listrik," kata pengamat telematika, Roy Suryo, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Senin 27 Desember 2010.

Laser sendiri, menurut Roy, bukanlah cahaya. Tapi radiasi. Itu bisa terlihat dari dari kepanjangan Laser: Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation.
Roy yakin, warna sinar laser hijau yang menyoroti kiper tim nasional kesebelasan Indonesia, Markus Horison, berbahaya apabila terkena mata.

Menurut Roy, untuk sinar laser pointer biasa, dengan daya 5 miliwatt bila difokuskan secara monokromatik maka jaraknya bisa mencapai sekitar 100 meter. Dan bila disorot dengan intensitas tinggi dan dikenakan ke mata, maka akan sangat berbahaya.

"Dalam operasi mata, kalau difokuskan terus, laser itu digunakan untuk mengiris dan mengupas," ujar pria yang juga anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini.

Nah, dari jenis cahaya laser yang disorot oleh suporter Malaysia ke arah Markus Horison di Stadion Bukit Jalil semalam, itu diduga kuat jenis laser gun. Kekuatannya jauh lebih besar dari pointer.

"Ini dayanya cukup besar, sekitar antara 10 sampai 25 watt. Jaraknya bisa mencapai sekitar 400 sampai 500 meter. Apalagi kalau difokuskan, akan lebih sangat bahaya," kata Roy.

Penggunaan sinar laser gun biasa digunakan untuk acara-acara pertunjukkan di atas panggung. Biasanya, laser gun ini ditembakkan ke arah awan untuk menampilkan bentuk-bentuk benda di awan.

Meski demikian, kekalahan Indonesia 3-0 di leg pertama final Piala AFF Suzuki atas Malaysia bukan semata-mata karena insiden laser. "Tapi mental. Tapi memang Malaysia diuntungkan dengan adanya laser ini, dan mereka sukses," ujar Roy.
• VIVAnews

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
anto1669
welcome and congratulations to explore my blog and get experience, you need ... God bless you
Lihat profil lengkapku