Sabtu, 04 Desember 2010

Tips Membaca Bagi Anak

Sering orang mengira bahwa seorang anak yang membaca dengan baik akan mengeja dengan baik pula. Pembaca yang baik yang tidak bisa mengeja dengan baik sering dituduh pemalas. Hal ini tidak benar. Kita perlu mengingat bahwa mengeja maupun membaca bukanlah indikator yang baik bagi kecerdasan umum karena mengeja berbeda dengan membaca. Sekarang diketahui bahwa menuliskan sebuah kata merupakan cara yang jauh lebih membantu dalam belajar mengeja kata itu daripada membacanya.
Menulis dan Mengeja
Jika putra Anda bertanya kepada Anda bagaimana mengeja sebuah kata, selalu tuliskan kata itu untuk ia salin atau jiplak. Janganlah mengambil cara yang mudah dan hanya menyebut huruf-hurufnya. Gerakan tangannya akan membantu otaknya untuk mengingat pola dari huruf-huruf itu. Agar kegiatan ini lebih disukai, coba gunakan pena warna (jenis stabilo) sehingga anak Anda dapat menjiplaknya dengan pensil.
Jika anak Anda memunyai suatu daftar kata untuk dipelajari ejaannya, suruhlah ia mengikuti dengan rutin langkah-langkah berikut ini: Doronglah anak Anda untuk menulis. Biasakan ia menulis pesan-pesan, daftar, dan surat-surat. Carilah sebanyak mungkin cara yang menarik dan tujuannya agar ia menulis.
Pemenggalan Kata
Doronglah anak-anak untuk memenggal kata-kata menjadi kelompok huruf atau suku kata, bukannya tampak sebagai deret huruf yang tidak terpenggal. Ini membantu mereka memikirkan dan mengingat bagaimana mengeja kata-kata. Latihlah dia menghitung suku kata dalam kata dan menemukan kelompok huruf yang sering muncul.
Menggunakan Kamus
Sediakan sebuah kamus bagi putra Anda dan bantulah ia mempelajari bagaimana menggunakannya.
Aturan
Belajar aturan pengejaan tidak lagi dianggap sebagai cara yang sangat menolong. Tetapi aturan-aturan ini dapat terbukti menolong untuk beberapa anak yang lebih tua (usia 11-16) yang memunyai masalah pengejaan yang parah.
Pengejaan yang Direka
Perlu waktu bagi anak-anak untuk belajar mengeja. Biasanya mereka melewati suatu tahap pengejaan yang direka. Ini penting karena memungkinkan seorang anak menjelajahi bahasa tulisan tanpa terlalu dikekang oleh banyaknya kata yang dapat diejanya. Janganlah mengoreksi setiap kata tetapi doronglah ia agar teliti dengan kata-kata yang paling sering digunakannya.
Diambil dan disunting seperlunya dari:
Judul buku : Membantu Putra Anda Belajar Membaca
Penulis : Betty Root M.B.E
Penerjemah : A. Hadyana Pudjaatmaka Ph.D.
Penerbit : Periplus, Jakarta 1995
Halaman : 35

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
anto1669
welcome and congratulations to explore my blog and get experience, you need ... God bless you
Lihat profil lengkapku