Selasa, 18 Januari 2011

Sejarah ASEAN

ASEAN
8 Februari 2010
oleh DELTA FORCE

Sejarah

Pada tanggal 8 Agustus 1967, lima pemimpin – Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand – duduk bersama di ruang utama Departemen Luar Negeri bangunan di Bangkok, Thailand dan menandatangani dokumen. Berdasarkan dokumen itu, Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) lahir. Lima Menteri Luar Negeri yang menandatanganinya – Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman di Thailand – akan kemudian akan dipuji sebagai Bapak Pendiri mungkin paling sukses organisasi antar-pemerintah di negara berkembang saat ini. Dan mereka menandatangani dokumen yang akan dikenal sebagai Deklarasi ASEAN.

Itu pendek, hanya-worded dokumen yang berisi hanya lima artikel. Ini menyatakan pembentukan Asosiasi Kerjasama Regional di antara Negara-negara Asia Tenggara dikenal sebagai Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan dijelaskan maksud dan tujuan dari Asosiasi. Maksud dan tujuan ini adalah tentang kerjasama di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, pendidikan dan bidang lain, dan dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional melalui taat menghormati keadilan dan supremasi hukum dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip Perserikatan Bangsa-Bangsa Piagam. Ini menetapkan bahwa Asosiasi akan terbuka untuk partisipasi oleh semua Negara di kawasan Asia Tenggara berlangganan tujuan-tujuannya, prinsip-prinsip dan tujuan. Ini dinyatakan ASEAN sebagai mewakili “kehendak kolektif bangsa-bangsa Asia Tenggara untuk mengikatkan diri mereka bersama dalam persahabatan dan kerjasama dan, melalui upaya bersama dan pengorbanan, aman bagi rakyat mereka dan untuk anak cucu berkah kedamaian, kebebasan dan kemakmuran.”

Saat itu sementara Thailand adalah broker rekonsiliasi di antara Indonesia, Filipina dan Malaysia atas sengketa tertentu yang sadar pada empat negara-negara yang saat ini untuk kerjasama regional telah datang atau masa depan daerah akan tetap tidak menentu. Mengingat salah satu dari dua protagonis selamat proses bersejarah itu, Thanat Khoman dari thailand: “Pada perjamuan yang menandai rekonsiliasi antara ketiga disputants, saya menyinggung gagasan pembentukan organisasi lain untuk kerjasama regional dengan Adam Malik. Malik setuju tanpa ragu-ragu tapi meminta untuk waktu untuk berbicara dengan pemerintah dan juga untuk menormalkan hubungan dengan malaysia sekarang bahwa konfrontasi telah usai. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Thailand menyiapkan rancangan piagam lembaga baru. Dalam beberapa bulan, semuanya sudah siap. Karena itu saya mengundang dua mantan anggota Association for Southeast Asia (ASA), Malaysia dan Filipina, dan Indonesia, kunci anggota, untuk sebuah pertemuan di Bangkok. Selain itu, Singapura terkirim S. Rajaratnam, maka Menteri Luar Negeri, untuk melihat saya untuk bergabung dengan yang baru set-up. Meskipun organisasi baru direncanakan hanya terdiri dari anggota ASA ditambah Indonesia, Singapura permintaan itu dianggap menguntungkan. “

Maka pada awal bulan Agustus 1967, lima Menteri Luar Negeri selama empat hari di isolasi relatif dari sebuah resor pantai di Bang Saen, sebuah kota pantai kurang dari seratus kilometer tenggara Bangkok. Di sana mereka melakukan negosiasi atas dokumen yang informal dengan cara yang jelas mereka nantinya senang dalam menggambarkan sebagai “olahraga-shirt diplomasi.” Namun itu tidak berarti proses yang mudah: setiap orang dibawa ke dalam pertimbangan-pertimbangan historis dan perspektif politik yang tidak memiliki kemiripan dengan yang mana pun yang lain. Tetapi dengan niat baik dan humor yang baik, sesering yang mereka berkerumun di meja perundingan, mereka finessed jalan melalui perbedaan-perbedaan mereka ketika mereka berbaris tembakan mereka di lapangan golf dan diperdagangkan wisecracks pada permainan satu sama lain, gaya musyawarah yang akhirnya akan menjadi menteri ASEAN tradisi.

Sekarang, dengan kekakuan perundingan dan informalities of Bang Saen di belakang mereka, dengan tanda tangan mereka rapi terpasang ke Deklarasi ASEAN, juga dikenal sebagai Deklarasi Bangkok, sudah waktunya untuk beberapa formalitas. Yang pertama berbicara adalah Sekretaris Filipina Luar Negeri, Narciso Ramos, satu kali wartawan dan waktu panjang legislator yang telah memberikan sebuah kesempatan untuk menjadi Ketua Kongres Filipina untuk melayani sebagai salah seorang diplomat pertama negara itu. Ia kemudian 66 tahun dan satu-satunya anak, masa depan Presiden Fidel V. Ramos, melayani dengan Aksi Civic Filipina diperangi Group di Vietnam. Ia teringat tediousness dari negosiasi yang mendahului penandatanganan Deklarasi yang “benar-benar dikenakan pajak niat baik, imajinasi, kesabaran dan pengertian dari lima berpartisipasi Menteri.” ASEAN yang didirikan pada semua meskipun kesulitan-kesulitan ini, katanya, berarti bahwa fondasinya telah diletakkan kokoh. Dan dia terkesan pada para penonton dari diplomat, pejabat dan media orang-orang yang telah menyaksikan upacara penandatanganan yang besar rasa urgensi telah mendorong para Menteri harus melalui semua yang kesulitan. Dia berbicara dari kekuatan-kekuatan gelap yang tersusun terhadap kelangsungan hidup negara-negara Asia Tenggara yang tidak menentu dan kritis kali.

“The terfragmentasi ekonomi Asia Tenggara,” katanya, “(dengan) masing-masing negara mengejar tujuan sendiri terbatas dan menghilangkan sumber daya yang sedikit tumpang tindih atau bahkan bertentangan upaya-upaya negara-negara lain membawa benih-benih kelemahan dalam ketidakmampuan mereka untuk pertumbuhan dan mereka mengabadikan diri ketergantungan pada maju, negara-negara industri. ASEAN, karena itu, bisa marsekal yang masih belum dimanfaatkan potensi daerah kaya ini melalui tindakan lebih substansial bersatu. “

Ketika tiba gilirannya untuk berbicara, Adam Malik, Presidium Menteri Urusan Politik dan Menteri Luar Negeri Indonesia, mengingat bahwa sekitar setahun sebelumnya, di Bangkok, pada akhir pembicaraan damai antara Indonesia dan Malaysia, ia menjelajahi ide organisasi seperti ASEAN dengan Malaysia dan Thailand mitra. Salah satu dari “orang-orang muda yang marah” di negaranya perjuangan kemerdekaan dua dekade sebelumnya, Adam Malik kemudian 50 tahun dan salah satu dari lima Presidium itu dipimpin oleh Jenderal Soeharto yang mengarahkan Indonesia dari ambang ekonomi dan kekacauan politik. Dia adalah sudut Presidium pria di Indonesia usaha untuk memperbaiki hubungan dengan tetangga di belakang kebijakan yang menguntungkan konfrontasi. Selama tahun yang lalu, katanya, para Menteri semua bekerja bersama menuju realisasi gagasan ASEAN, “membuat terburu-buru pelan-pelan, dalam rangka membangun sebuah asosiasi baru kerjasama regional.”

Adam Malik melanjutkan untuk menjelaskan visi Indonesia dari Asia Tenggara berkembang menjadi “suatu daerah yang dapat berdiri di atas kaki sendiri, cukup kuat untuk mempertahankan diri terhadap pengaruh negatif dari luar daerah.” Seperti visi, dia menekankan, bukan angan-angan, jika negara-negara di wilayah secara efektif bekerja sama dengan satu sama lain, mengingat gabungan mereka sumber daya alam dan tenaga kerja. Dia disebut perbedaan pandangan di antara negara-negara anggota, tetapi perbedaan-perbedaan, kata dia, akan diatasi melalui maksimum itikad baik dan pengertian, iman dan realisme. Kerja keras, kesabaran dan ketekunan, ia menambahkan, juga akan diperlukan.

Negara-negara Asia Tenggara juga harus bersedia untuk bertanggung jawab atas apa pun yang terjadi kepada mereka, menurut Tun Abdul Razak, Wakil Perdana Menteri Malaysia, yang berbicara berikutnya. Dalam pidatonya, ia menyihir visi ASEAN yang akan mencakup semua negara-negara Asia Tenggara. Tun Abdul Razak saat itu negaranya merangkap Menteri Pertahanan dan Menteri Pembangunan Nasional. Ini adalah masa ketika kelangsungan hidup nasional adalah tekanan dari malaysia override hubungan dengan negara lain dan sebagainya sebagai Menteri Pertahanan, dia tanggung jawab atas urusan luar negeri negara. Dia menekankan bahwa negara-negara di kawasan harus mengakui bahwa kecuali jika mereka menganggap mereka tanggung jawab bersama untuk membentuk nasib mereka sendiri dan untuk mencegah intervensi dan campur tangan eksternal, Asia Tenggara akan tetap penuh dengan bahaya dan ketegangan. Dan kecuali jika mereka mengambil tindakan tegas dan kolektif untuk mencegah letusan konflik intra-regional, bangsa-bangsa Asia Tenggara akan tetap rentan terhadap manipulasi, satu terhadap yang lain.

“Kami bangsa-bangsa dan bangsa-bangsa Asia Tenggara,” Tun Abdul Razak berkata, “harus mendapatkan bersama dan bentuk oleh diri kita perspektif baru dan sebuah kerangka kerja baru untuk daerah kami. Hal ini penting bahwa secara individual dan bersama-sama kita harus menciptakan kesadaran yang mendalam bahwa kita tidak dapat bertahan lama sebagai bangsa merdeka tetapi terisolasi kecuali kita juga berpikir dan bertindak bersama-sama dan kecuali kami membuktikan dengan perbuatan bahwa kita berasal dari keluarga bangsa-bangsa Asia Tenggara terikat bersama oleh ikatan persahabatan dan niat baik dan dijiwai dengan cita-cita kita sendiri dan aspirasi dan ditentukan untuk membentuk takdir kita sendiri “. Dia menambahkan bahwa, “dengan pendirian ASEAN, kita harus tegas dan mengambil langkah berani di jalan itu”.

Sementara itu, S. Rajaratnam, mantan Menteri Kebudayaan multi-budaya Singapura yang, pada waktu itu, menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pertama, mencatat bahwa dua dekade semangat nasionalis tidak memenuhi harapan rakyat Asia Tenggara untuk standar hidup yang lebih baik. Jika ASEAN akan berhasil, katanya, maka anggota harus menikah berpikir nasional dengan pemikiran regional.
“Kita sekarang harus berpikir pada dua tingkat,” kata Rajaratnam. “Kita harus berpikir tidak hanya kepentingan nasional kita, tetapi menempatkan mereka terhadap kepentingan daerah: yang merupakan cara baru berpikir tentang masalah kita. Dan ini adalah dua hal yang berbeda dan kadang-kadang mereka dapat konflik. Kedua, kita juga harus menerima kenyataan, jika kita benar-benar serius tentang hal itu, bahwa eksistensi regional berarti menyakitkan penyesuaian praktek-praktek tersebut dan berpikir di negara masing-masing kita. Kita harus membuat sulit dan menyakitkan ini penyesuaian. Jika kita tidak akan melakukan itu, maka kedaerahan tetap menjadi utopia. “

S. Rajaratnam mengungkapkan rasa takut, bagaimanapun, bahwa ASEAN akan menjadi salah dimengerti. “Kami tidak melawan apa pun”, dia berkata, “tidak melawan siapa saja”. Dan di sini ia menggunakan istilah yang akan memiliki cincin menyenangkan bahkan sampai hari ini: Balkanisasi. Di Asia Tenggara, seperti di Eropa dan setiap bagian dari dunia, katanya, di luar kekuasaan memiliki kepentingan di daerah Balkanisasi. “Kami ingin memastikan,” katanya, “Asia Tenggara yang stabil, bukan terbalkanisasi Asia Tenggara. Dan negara-negara yang tertarik, benar-benar tertarik, dalam stabilitas Asia Tenggara, kemakmuran Asia Tenggara, dan lebih baik ekonomi dan sosial kondisi, akan menyambut negara-negara kecil berkumpul bersama untuk menyatukan sumber daya kolektif mereka dan kebijaksanaan kolektif mereka untuk berkontribusi bagi perdamaian dunia. “

Tujuan ASEAN, kemudian, adalah untuk menciptakan, bukan untuk menghancurkan. Ini, Menteri Luar Negeri Thailand, Thanat Khoman, stres saat tiba gilirannya untuk berbicara. Pada saat konflik Vietnam sedang berkecamuk dan pasukan Amerika tampak selamanya tertanam di Indocina, ia telah diramalkan akhirnya mereka mundur dari daerah itu dan telah sesuai diterapkan diri untuk menyesuaikan kebijakan luar negeri Thailand untuk suatu realitas yang nyata hanya akan menjadi lebih dari setengah dekade kemudian. Ia pasti memiliki pikiran bahwa pada saat, pada kesempatan itu, ia mengatakan bahwa negara-negara Asia Tenggara tak punya pilihan selain untuk menyesuaikan diri dengan keadaan darurat saat itu, untuk bergerak ke arah kerjasama yang lebih erat dan bahkan integrasi. Mengelaborasi tujuan ASEAN, dia berbicara tentang “membangun masyarakat baru yang akan responsif terhadap kebutuhan waktu dan efisien kami siap untuk membawa, untuk dinikmati dan materi serta kemajuan spiritual bangsa kita, kondisi stabilitas dan kemajuan . Terutama apa jutaan pria dan wanita di bagian dunia inginkan adalah menghapus yang lama dan usang konsep dominasi dan penaklukan dari masa lalu dan menggantinya dengan semangat baru memberi dan menerima, kesetaraan dan kemitraan. Lebih dari segalanya lain, mereka ingin menjadi tuan rumah mereka sendiri dan untuk menikmati hak yang melekat untuk menentukan nasib mereka sendiri … “

Sementara bangsa-bangsa Asia Tenggara mencegah upaya untuk menghalangi mereka dari kebebasan dan kedaulatan, katanya, mereka harus terlebih dulu membebaskan diri dari hambatan material kebodohan, penyakit dan kelaparan. Masing-masing bangsa-bangsa ini tidak dapat menyelesaikan itu saja, tapi dengan bergabung bersama-sama dan bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki aspirasi yang sama, tujuan ini menjadi lebih mudah untuk dicapai. Kemudian Thanat Khoman menyimpulkan: “Apa yang kami telah memutuskan hari ini hanyalah awal kecil dari apa yang kita harapkan akan menjadi panjang dan berkesinambungan urutan prestasi yang kita sendiri, orang-orang yang akan bergabung dengan kita nanti dan generasi yang akan datang, dapat dibanggakan. let it be untuk Asia Tenggara, yang berpotensi daerah kaya, kaya dalam sejarah, spiritual serta sumber daya materi dan memang untuk seluruh benua Asia kuno, cahaya kebahagiaan dan kesejahteraan yang akan bersinar atas kita tak terhitung jutaan berjuang bangsa. “

Menteri Luar Negeri Thailand menutup sesi pengukuhan Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara dengan menampilkan masing-masing rekan-rekannya dengan kenang-kenangan. Tertulis di kenang-kenangan disampaikan kepada Menteri Luar Negeri Indonesia, adalah kutipan, “Sebagai penghargaan atas jasa yang diberikan oleh Yang Mulia Adam Malik kepada organisasi ASEAN, nama yang disarankan oleh dia.”

Dan itu bagaimana ASEAN dikandung, diberi nama, dan dilahirkan. Sudah hampir 14 bulan sejak dibesarkan Thanat Khoman gagasan ASEAN dalam percakapan dengan rekan-rekan Malaysia dan Indonesia. Sekitar tiga minggu lagi, Indonesia akan sepenuhnya memulihkan hubungan diplomatik dengan Malaysia, dan segera setelah itu dengan Singapura. Itu tidak berarti akhir untuk intra-ASEAN perselisihan, karena segera Filipina dan Malaysia akan memiliki jatuh di isu kedaulatan atas Sabah. Banyak perselisihan antara negara-negara ASEAN bertahan hingga hari ini. Tapi semua Negara Anggota sangat berkomitmen untuk menyelesaikan perbedaan mereka melalui cara-cara damai dan dalam semangat saling akomodasi. Setiap sengketa akan mempunyai musim yang tepat tapi itu tidak akan diizinkan masuk ke dalam cara tugas di tangan. Dan pada waktu itu, tugas penting adalah untuk meletakkan kerangka dialog dan kerjasama regional.

Halaman dua Deklarasi Bangkok tidak hanya berisi alasan untuk pembentukan ASEAN dan tujuan khusus. Ini mewakili organisasi modus operandi membangun langkah-langkah kecil, sukarela, dan pengaturan informal terhadap lebih mengikat dan dilembagakan perjanjian. Semua negara-negara anggota pendiri dan anggota yang lebih baru telah berdiri teguh pada semangat Deklarasi Bangkok. Selama bertahun-tahun, ASEAN telah semakin masuk ke dalam beberapa formal dan mengikat secara hukum-instrumen, seperti tahun 1976 Amity Perjanjian dan Kerjasama di Asia Tenggara dan Perjanjian tahun 1995 di Asia Tenggara Bebas Senjata Nuklir Zone.

Latar belakang konflik di kemudian Indocina, para Founding Fathers memiliki visi membangun komunitas dan untuk semua negara-negara Asia Tenggara. Jadi Deklarasi Bangkok diumumkan bahwa “Asosiasi ini terbuka bagi partisipasi pada semua Negara di kawasan Asia Tenggara berlangganan untuk tujuan tersebut di atas, prinsip-prinsip dan tujuan.” Pandangan inklusif ASEAN telah membuka jalan bagi pembangunan masyarakat tidak hanya di Asia Tenggara, tapi juga di kawasan Asia Pasifik yang lebih luas di mana beberapa organisasi antar-pemerintah sekarang hidup berdampingan.

Logo ASEAN asli cokelat disajikan lima berkas batang padi, satu untuk masing-masing anggota pendiri. Bawah berkas adalah legenda “ASEAN” dengan warna biru. Ini ditetapkan di bidang kuning biru dikelilingi oleh perbatasan. Brown singkatan dari kekuatan dan stabilitas, kuning untuk kemakmuran dan biru untuk semangat kebaikan dalam urusan yang dilakukan ASEAN. Ketika ASEAN merayakan HUT ke-30 di tahun 1997, pada logo berkas meningkat menjadi sepuluh – mewakili semua sepuluh negara di Asia Tenggara dan mencerminkan warna bendera mereka semua. Dalam arti yang sangat nyata, ASEAN dan Asia Tenggara kemudian akan menjadi satu dan sama, seperti para Founding Fathers telah dibayangkan.

Bendera ASEAN


Bendera mewakili ASEAN yang stabil, damai, bersatu dan dinamis ASEAN. Warna bendera – biru, merah, putih dan kuning – mewakili warna utama bendera dari seluruh negara-negara ASEAN.

Biru mewakili perdamaian dan stabilitas. Merah menggambarkan keberanian dan dinamika. Menunjukkan kemurnian putih dan kuning melambangkan kemakmuran.

Sepuluh batang padi mewakili mimpi ASEAN’s Founding Fathers untuk ASEAN terdiri dari semua sepuluh negara di Asia Tenggara terikat bersama dalam persahabatan dan solidaritas. Lingkaran mewakili kesatuan ASEAN.

Spesifikasi warna Pantone
diadopsi untuk warna bendera ASEAN adalah:
Blue: Pantone 19-4.053 TC
Red: Pantone 18-1.655 TC
Putih: Pantone 11-4.202 TC
Yellow: Pantone 13-0.758 TC

Untuk versi cetak, spesifikasi warna (kecuali putih) akan menyertai orang-orang untuk warna logo ASEAN, yaitu:

Blue: Pantone 286 atau 100C Warna Proses 60m 0Y 6K
Red: Pantone 032 atau Merah Warna Proses 0C 91M 87Y 0k
Yellow: Pantone Process atau Proses Warna Kuning 0C 0m 100Y 0k

Rasio lebar dengan panjang bendera dua atau tiga dan spesifikasi ukuran bendera resmi adalah:

Tabel Bendera: 10 cm x 15 cm
Kamar Bendera: 100 cm x 150 cm
Mobil Bendera: 10 cm x 30 cm
Bidang Bendera: 200 cm x 300 cm

TENTANG PENGGUNAAN DAN DISPLAY OF THE ASEAN FLAG

(Dari Buku Pegangan ASEAN Protokol dan Praktek, Januari 1995)

1.

Bearing of ASEAN Bendera
1. Bendera ASEAN adalah tanda perbedaan untuk menampilkan kesatuan Negara Anggota ASEAN;
2. ASEAN Bendera adalah simbol dari Negara-negara Anggota ‘kesatuan dan dukungan bagi prinsip-prinsip dan usaha ASEAN.

2.

Martabat Bendera
Sebagai prinsip umum, Bendera ASEAN akan digunakan dalam cara yang layak dan bermartabat.
3.

Penggunaan dan Tampilan ASEAN Bendera oleh Sekretariat ASEAN
Sekretariat ASEAN akan menggunakan dan menampilkan Bendera ASEAN dengan cara yang tercantum dalam pedoman ini yang meliputi berikut ini:
1. Selama pertemuan ASEAN;
2. Pada kendaraan resmi dari Sekretaris Jenderal selama acara-acara resmi;
3. Pada bangunan dan tempat tinggal Sekretariat Sekretaris Jenderal; dan
4. Selama upacara resmi, pertemuan, pameran atau acara khusus lainnya, yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN dalam upaya untuk mempromosikan kepentingan ASEAN.

4.

Penggunaan dan Tampilan ASEAN Bendera oleh Negara-negara Anggota
Bendera ASEAN dapat ditampilkan pada pertemuan-pertemuan ASEAN, upacara, dan fungsi-fungsi yang diadakan di Negara-negara Anggota ASEAN yang lebih besar untuk meningkatkan kesadaran dan solidaritas, sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam pedoman ini.
5.

Mourning
Setelah kematian seorang Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan Negara Anggota, ASEAN Bendera akan dikibarkan setengah tiang di gedung Sekretariat ASEAN.
6.

Flag untuk ASEAN Rapat Arrangement
Bendera ASEAN akan ditampilkan bersama dengan bendera Negara-negara Anggota dalam urutan abjad inggris mulai dari Brunei Darussalam di sisi paling kanan. Tabel bendera ASEAN akan ditampilkan di sisi kanan Sekretariat Secretary-General/ASEAN plak. Bendera ASEAN, dalam kasus seperti itu, harus ditampilkan sesuai dengan pengelompokan, ke kiri ekstrem dari negara-negara ‘bendera, seperti digambarkan dalam diagram berikut:

Lambang ASEAN


Arti Lambang ASEAN dan Spesifikasi

Mewakili lambang ASEAN yang stabil, damai, bersatu dan dinamis ASEAN. Warna lambang – biru, merah, putih dan kuning – mewakili warna utama dari puncak-puncak dari semua negara-negara ASEAN.

Biru mewakili perdamaian dan stabilitas. Merah menggambarkan keberanian dan dinamika. Menunjukkan kemurnian putih dan kuning melambangkan kemakmuran.

Sepuluh batang padi mewakili mimpi ASEAN’s Founding Fathers untuk ASEAN terdiri dari semua sepuluh negara di Asia Tenggara terikat bersama dalam persahabatan dan solidaritas. Lingkaran mewakili kesatuan ASEAN.

Spesifikasi warna Pantone
diadopsi untuk warna lambang ASEAN adalah:
Blue: Pantone 286
Red: Pantone 032 Merah
Kuning: Pantone Process Kuning

Empat-warna proses pencetakan, spesifikasi warna akan menjadi:
Blue: 100C 60 M 0Y 6K (100C 60m 0Y 10K)
Red: 0C 91M 87Y 0k (0C 90m 90Y 0k)
Kuning: 0C 0m 100Y 0k
Spesifikasi dalam kurung adalah untuk digunakan saat pengukuran yang sewenang-wenang
warna proses tidak mungkin.

Dalam Proses Warna Pantone Simulator, spesifikasi sama dengan:
Blue: Pantone 204-1
Red: Pantone 60-1
Kuning: Pantone 1-3

Font yang digunakan untuk kata “ASEAN” dalam lambang adalah
huruf kecil Helvetica dalam huruf tebal.

Aturan Penggunaan Lambang ASEAN

Sekretaris-Jenderal ASEAN diberi tanggung jawab di bawah otoritas Peraturan dan Panduan ini memberikan kontrol yang diperlukan pada penggunaan dan tampilan dari “Lambang” (ke-12 ASEAN, Bali, 28-30 Juni 1979).

1. Desain dari “Lambang”:

ASEAN “Lambang” akan menjadi lambang resmi ASEAN. Desain “Lambang” dan warna dan spesifikasi lainnya yang digunakan dalam “Lambang” yang ditentukan di atas. The “Lambang” akan muncul baik di warna tertentu atau dalam hitam dan putih. Hal ini dapat dalam ukuran proporsional sesuai untuk penggunaannya dan tempat layar.

2. Martabat dari “Lambang”

Sebagai prinsip umum, yang “lambang / Lambang” akan digunakan dalam cara yang tepat tidak akan terkena salah penghinaan. Dilarang menggunakan “Lambang” sebagai iklan atau merek dagang dari propaganda politik dalam bentuk apa pun.

3. Penggunaan dan Display dari “Lambang” oleh Sekretariat ASEAN

Sekretariat ASEAN akan menggunakan dan menampilkan “Lambang” dengan cara yang dianggap tepat oleh Sekretaris-Jenderal, yang mungkin mencakup sebagai berikut:

Dipajang di gedung-gedung dan tempat tinggal Sekretariat Sekretaris Jenderal;
Digunakan dalam surat-menyurat resmi sebagai kop surat, dll;
Digunakan sebagai segel resmi Sekretariat;
Gunakan dalam semua publikasi resmi, buku dan majalah untuk memberi mereka identitas ASEAN;
The “Lambang” dapat digunakan untuk menandai properti, atau terukir pada persediaan milik Sekretariat;
Ini dapat digunakan pada tag seragam atau identifikasi untuk dikenakan oleh staf Sekretariat;
Mungkin ditampilkan pada upacara-upacara resmi, pertemuan, rapat, pameran, dll;

4. Penggunaan dan Display dari “Lambang” di ASEAN Rapat

The “Lambang” mungkin akan ditampilkan dan digunakan di ASEAN Rapat, tunduk pada pengawasan dan kontrol yang tepat oleh ASEAN Sekretariat Nasional negara anggota hosting pertemuan tersebut, berdasarkan pemahaman Peraturan ini. Perlu ditekankan, bagaimanapun, bahwa hanya pertemuan resmi ASEAN dapat menggunakan “Lambang” dengan cara seperti untuk ditampilkan di ruang konferensi dan pintu masuk, sebagai tanda-tanda pada makalah konferensi, folder, dll tag identifikasi delegasi dan pejabat.

5. Penggunaan dan Display dari “Lambang” oleh Pemerintah negara-negara anggota

Pemerintah negara-negara anggota ASEAN juga berwenang untuk menggunakan dan menampilkan “Lambang” tapi hanya pada fungsi, upacara, rapat dan mengumpulkan ASEAN. Sekretariat Nasional ASEAN di negara anggota, bagaimanapun, dapat mengajukan permohonan discretions pada cara yang “Lambang” harus digunakan, mengingat keinginan dalam perlindungan martabatnya. Pemerintah negara-negara anggota dapat mengizinkan pejabat mereka untuk menampilkan dan menggunakan “Lambang” dalam rangka memperingati ASEAN acara khusus seperti ulang tahun ASEAN, atau dalam upaya untuk mempromosikan kepentingan ASEAN.

6. Digunakan oleh Organisasi Masyarakat Sipil berafiliasi dengan ASEAN

Otoritas pengendali dalam penggunaan dan tampilan ASEAN “Lambang” terletak pada Sekretaris Jenderal. LSM-LSM yang berafiliasi dengan ASEAN akan berlaku kepada Sekretaris Jenderal jika mereka ingin menggunakan “Lambang”. Dalam tujuan ini, Sekretaris Jenderal akan menjaga daftar badan-badan ini yang diberikan izin tersebut. Mayat akan kemudian akan dibuat untuk berkomitmen untuk menegakkan martabat “Lambang” dan dalam cara yang tidak merugikan kepentingan status dan ASEAN.

Lagu Wajib ASEAN

Lyrics, “The ASEAN Way”


Raise our flag high, sky high
Embrace the pride in our heart
ASEAN we are bonded as one
Look-in out to the world.
For peace, our goal from the very start
And prosperity to last.
We dare to dream we care to share.
Together for ASEAN
we dare to dream,
we care to share for it’s the way of ASEAN.

Penggunaan nama ASEAN

Presidium Menteri Urusan Politik / Menteri Luar Negeri Indonesia, Wakil Perdana Menteri Malaysia, Menteri Luar Negeri Filipina, Menteri Luar Negeri Singapura, dan Menteri Luar Negeri Thailand dengan ini menyatakan pembentukan asosiasi untuk kerjasama regional di antara negara-negara Asia Tenggara dikenal sebagai Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). – Deklarasi ASEAN, Bangkok, 8 Agustus 1967

I. ORGANISASI MASYARAKAT SIPIL

ASEAN Standing Committee, dalam pertemuan di Manila pada 16-18 Juni 1986, mengadopsi ASEAN Pedoman Hubungan dengan Organisasi Masyarakat Sipil, yang mencakup ketentuan tentang penggunaan nama “ASEAN.”

Ketentuan yang relevan menyatakan bahwa, sebuah LSM yang berafiliasi “dapat menggunakan nama ‘ASEAN’ dan menampilkan lambang ASEAN resmi dalam surat-menyurat, komunikasi, dan pada pertemuan resmi sejauh menampilkan lambang tersebut adalah non-komersial di alam.” ( Panduan CSO, bagian 9.a).

II. SEKTOR SWASTA

ASEAN Standing Committee, dalam pertemuan di Jakarta pada tanggal 10 Januari 1979, mengadopsi Pedoman Penggunaan nama “ASEAN” oleh Sektor Swasta. Berikut adalah poin utama:

Negara-negara anggota harus menjalankan beberapa ukuran pengawasan terhadap penggunaan nama “ASEAN” oleh sektor swasta untuk tujuan bisnis. Kontrol administratif ini dilaksanakan di mana registrasi resmi yang diharuskan oleh hukum untuk mendirikan sebuah perusahaan, seperti perusahaan dagang, baik sebagai perusahaan atau kepemilikan tunggal. Setiap permintaan untuk penggunaan nama “ASEAN” harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

(i) harus entitas karakter daerah yang melibatkan semua anggota ASEAN;

(ii) Nama “ASEAN” tidak boleh dibawa ke dalam kehinaan oleh penggunaan;

(iii) harus entitas pribumi untuk ASEAN;

(iv) Penggunaan ASEAN seharusnya tidak mempunyai efek negatif pada tujuan dan tujuan ASEAN;

(v) entitas harus memiliki sponsor dari salah satu Sekretariat Nasional ASEAN.


0.000000 0.000000
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
anto1669
welcome and congratulations to explore my blog and get experience, you need ... God bless you
Lihat profil lengkapku