Rabu, 26 Januari 2011

Jepang Road to Final AFC

Jepang Melaju ke Final Piala Asia 2011
Jepang akan melawan pemenang antara Uzbekistan vs Australia.
Selasa, 25 Januari 2011, 23:14 WIB
Zika Zakiya
VIVAnews - Jepang memastikan satu tiket ke babak final Piala Asia setelah menekuk Korea Selatan, Selasa 25 Januari 2011. Jepang menang 5-2 lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 2-2 hingga babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Gol Jepang di waktu normal disumbang Ryoichi Maeda di menit 36. Sedangkan gol Korsel dicetak Ki Sung-yong dari titik penalti di menit 23. Skor imbang ini memaksa pertandingan ditentukan lewat babak perpanjangan waktu.
Kedua negara sama-sama bisa mencetak gol di babak ini. Jepang mencetak gol lebih dulu lewat pemain cadangan Hajime Hosogai di menit 97. Sedangkan gol Korsel disumbang Hwang Jae-won di menit 120.
Jalannya Pertandingan
Pertandingan berjalan seru sejak menit pertama pertandingan dimulai. Dalam tempo sepuluh menit, kedua negara melakukan aksi saling serang yang berbuah dua peluang emas.

Jepang membuka peluang lebih dulu di menit tiga saat Yasuhito Endo mengirim umpan manis ke Daiki Iwamasa. Bola kemudian ditanduk oleh Iwamasa, namun masih melebar dari mistar gawang.

Di menit 16, gantian Korsel yang menciptakan peluang nyaris gol yang berasal dari tendangan bebas Ki Sung-yong. Tapi bola masih bisa diatasi kiper Jepang, Eiji Kawashima.

Namun, masuk menit 22 barisan pertahanan Jepang melakukan kesalahan fatal dengan menajtuhkan Park Ji Sung di kotak penalti. Wasit pun langsung menunjuk titik putih untuk menghadiahkan penalti buat Korsel. Ki Sung-yong terpilih sebagai algojo dan melakukan tugasnya dengan baik. Taeguk Warriors -julukan Korsel- pun unggul 1-0.

Gol ini membuncahkan semangat Jepang yang kembali melakukan serangan balik. Usaha itu terbayar di menit 36 lewat gol Ryoichi Maeda setelah menerima umpan lepas dari Keisuke Honda. Gol ini pun menutup babak pertama dengan skor imbang 1-1.

Masuk babak kedua, tensi pertandingan dua negara ini masih tinggi. Tapi tidak seperti babak pertama, Jepang kali ini lebih banyak menerima serangan Korsel. Salah satunya di menit 61 saat Ki Sung-Yong bekerja sama dengan Koo Ja-Cheol.

Bola umpan Ki langsung dimanfaatkan Koo dengan tembakan keras ke arah jala Jepang dari sudut sempit. Meski gagal menjadi gol, peluang itu jadi usaha terbaik di awal babak kedua.

The Blue Samurai -julukan Jepang- baru bisa kembali membahayakan di menit 81. Kali ini Keisuke Honda yang memberi umpan dari sepak pojok pada Shinji Okazaki. Tapi bola hanya melambung di atas mistar. Peluang ini jadi usaha terakhir Jepang untuk mengubah skor yang sama kuat. Pertandingan pun mau tidak mau harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Di menit 96, Jepang akhirnya memastikan momen emas untuk lolos ke final setelah mendapat hadiah penalti. Eksekusi dilakukan oleh Honda dan bisa ditepis oleh kiper Jung Sung-ryong. Namun, bola rebound jatuh ke kaki Hajime Hosogai yang langsung merobek jala Korsel.

Korsel tidak menyerah dengan gol di menit krusial itu. Hasilnya, serangan bertubi The Taeguk Warrior menjadi gol tepat di menit akhir babak perpanjangan waktu melalui gol Hwang Jae-won.

Pertandingan pun harus diputuskan lewat adu penalti. Para algojo Jepang melakukannya dengan baik dan mencetak tiga gol, sedangkan algojo Korsel gagal menyarangkan satu gol pun.
• VIVAnews
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
anto1669
welcome and congratulations to explore my blog and get experience, you need ... God bless you
Lihat profil lengkapku